Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Cara memperbaiki android tidak bisa masuk recovery mode – Recovery mode memiliki fungsi untuk dapat mengatur ulang smartphone android yang anda miliki ke setelan awal/ setelan pabrik atau dengan nama lain factory default. Penggunaan recovery mode sangat berguna sekali ketika pada sewaktu-waktu anda tidak dapat masuk ke dalam menu awal android akibat lupa pascode atau pola penguncian yang salah berkali-kali bahkan karena masalah bootloop android. Itulah fungsi dari penggunaan recovery mode, dengan penggunaannya anda dapat melakukan proses reset pada android anda untuk kembali ke setelan pabrik sehingga android yang anda miliki bisa digunakan atau dapat dibuka kembali seperti sedia kala.
Untuk melakukan recovery mode maka anda bisa melakukan cara sebagai berikut dengan menekan beberapa kombinasi, seperti tombol volume up , power dan home atau bisa juga menekan tombol volume down dan power untuk beberapa tipe android tertentu. Namun, ternyata cara tersebut terkadang tidak berhasil, hal ini karena ada beberapa kondisi dimana android tidak bisa masuk recovery mode oleh beberapa sebab, antara lain sering mengganti Cusrom, menginstall aplikasi via cmw, atau bisa juga karena tombol yang digunakan error serta penyebab lainnya.
Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena masih ada cara memperbaiki android tidak bisa masuk recovery mode untuk bisa melakukan penginstallan kembali ke mode setelan pabrik pada android anda. Beberapa cara dapat anda gunakan untuk mengatasi android anda yang tidak dapat masuk ke recovery mode, namun beberapa tahapan ini perlu dilakukan dengan hati-hati dan tentu anda perlu memiliki pengetahuan mengenai sistem recovery, karena jika dilakukan dengan asal bisa jadi android anda yang terkena masalah.

Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

1.     Menggunakan Aplikasi
Cara ini bisa dikatakan cukup mudah yaitu untuk melakukan recovery anda hanya perlu menginstall aplikasi bernama Quick Boot pada android yang anda miliki. Setelah berhasil menginstallnya anda bisa masuk ke dalam aplikasi dan menemukan beberapa pilihan seperti Recovery, Reboot, Bootloader, Power Off. Untuk melakukan recovery maka anda memilih simbol recovery dan smartphone anda akan melakukan restart dan menuju ke Recovery Mode. Namun, sebagai catatan ada beberapa smartphone yang hanya masuk ke mode restart namun tidak ke Recovery Mode.
2.     Menggunakan ADB
adb android
Android Debuge Bridge
ADB dapat digunakan sebagai alternatif cara memperbaiki android tidak bisa masuk recovery mode. ADB dapat dijalankan apabila smartphone android anda tidak dapat menjalankan recovery mode karena penyebab tertentu, dengan langkah sebagai berikut:
Pastikan Fastboot dan ADB telah terkonfigurasi pada PC dengan menginstall keduanya melalui Android SDK, hubungkan smartphone ke PC dan install driver ADB jika perlu, masuk ke folder android-sdk-windowsplatform-tools dan buka Command Prompt  dengan mengklik Shift + Klik kanan di mana saja di folder, lalu Buka Command Prompt, pada folder ketikan adb reboot recovery lalu enter. Terakhir smartphone akan restart dan menuju ke Recovery Mode. Jika cara ini gagal, mungkin smartphone anda tidak tepat melakukan recovery dengan cara ini.
3.     Menggunakan USB Jig
usb jig
USB Jig
Untuk cara memperbaiki android tidak bisa masuk recovery mode selanjutnya, anda bisa menggunakan metode USB Jig. USB Jig merupakan benda kecil yang dapat dihubungkan pada port USB di smartphone android anda. USB ini biasanya berfungsi untuk memberikan pancingan pada smartphone yang mengalami mati total. Dengan ini anda dapat menggunakan teknik USB jig untuk masuk secara paksa ke menu Recovery Mode. Menurut beberapa informasi USB Jig juga dapat dibuat sendiri dengan mencari tutorialnya di mesin pencari.

4.   Menggunakan Flash Ulang
Jika cara di atas masih belum membuahkan hasil, ada kemungkinan anda perlu melakukan flash ulang pada smartphone anda terlebih dahulu melalui flashtool atau odin, hingga kembali ke mode setelah pabrik.
Demikian empat cara memperbaiki android tidak bisa masuk recovery mode yang dapat anda lakukan sendiri. Namun, jika menggunakan keempat cara tersebut masih gagal dalam mengatasi masalah recovery mode android anda, maka sebaiknya anda menghubungi service center dari perusahaan smartphone yang anda gunakan dan menceritakan keluhan anda untuk mengetahui cara memperbaiki android tidak bisa masuk recovery mode

0 Response to "Cara Memperbaiki Android Tidak Bisa Masuk Recovery Mode"

Post a Comment